Selasa, 15 Januari 2013

Apindo: Pengusaha Jujur di Indonesia Sulit Berkembang

JAKARTA, KOMPAS.com — Banyaknya hambatan pengusaha dalam melakukan aksi bisnis dinilai tidak selaras dengan keinginan pemerintah untuk memajukan perekonomian Indonesia. Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengatakan, pengusaha jujur sangat sulit untuk berkembang. Berbeda halnya dengan pengusaha yang tidak jujur.
"Mereka sulit berkembang, padahal mereka tidak mau melakukan jalan pintas untuk misalnya memenangkan konsesi tambang di suatu daerah," katanya, Selasa (15/1/2013).
Ia melanjutkan, jadi pengusaha jujur di Indonesia sangat sulit, terutama karena banyaknya konflik kepentingan antara pemerintah pusat dan daerah terkait dengan proses otonomi daerah. Hal ini yang membuat kemungkinan adanya pelanggaran akibat adanya konflik kepentingan.
"Kalau kita lihat konflik kepentingan antara bupati dan pemerintah pusat selalu terjadi, dan masalah pengusaha selalu berada di masalah perizinan yang tidak pernah tuntas, makanya kepastian hukum masih menjadi perhatian kita," katanya. (Arif Wicaksono/Tribun Jakarta)
 
Sumber :
Editor :
Erlangga Djumena

Tidak ada komentar:

Posting Komentar